Menggunakan Fitur Aksesibilitas Android Untuk Mempermudah Aktivitas Anda

Menggunakan Fitur Aksesibiltas Android Untuk Mempermudah Aktivitas Anda

Menggunakan Fitur Aksesibilitas Android Untuk Mempermudah Aktivitas Anda

Smartphone didesain agar mudah digunakan, namun satu ukuran tidak sesuai untuk semua. Font mungkin sulit dibaca, warna sulit dibedakan, atau terdengar sulit didengar. Anda mungkin memiliki masalah dengan mengetuk dan mengetuk dua kali pada ikon dan gerakan lainnya. Android memiliki banyak fitur aksesibilitas yang memudahkan dilihat dan berinteraksi dengan layar Anda dan menerima notifikasi.

Didalam menu pengaturan, Anda akan menemukan bagian untuk aksesibilitas. Dan tentunya setiap smartphone akan mempunyai letak aksesibilitas yang berbeda.

Baca Lainnya : 

Cara mengaturnya bergantung pada versi Android yang Anda jalankan. Misalnya, Samsung Galaxy S6, yang menjalankan Android Marshmallow dengan Samsung TouchWiz Overlay, pengaturan Aksesibilitas terdiri atas penglihatan, pendengaran, ketangkasan dan interaksi, lebih banyak pengaturan, dan layanan. (Yang terakhir hanyalah daftar layanan yang dapat diaktifkan pada mode aksesibilitas.

Nah berikut pengaturan dari aksesibilitas Samsung Galaxy S6 Android Marsmallow :

#Penglihatan (Vision)

Asisten suara (Voice Assistant) Fitur ini membantu Anda dalam navigasi layar. Asisten akan memberi tahu Anda apa yang dapat Anda lakukan untuk berinteraksi pada layar. Anda dapat menyentuh item untuk mendengar apa yang dapat dilakukan dan kemudian ketuk dua kali untuk menyelesaikan aksinya.

Bila Anda mengaktifkan asisten suara, tutorial akan secara otomatis menuntun Anda melalui cara kerjanya. (Lihat slideshow aksesibilitas saya untuk detail lebih lanjut.) Ini juga menjelaskan fungsi mana yang tidak dapat digunakan saat asisten diaktifkan.

Teks pidato (Text To Speech). Jika Anda memerlukan bantuan untuk membaca sebuah konten di perangkat mobile Anda, Anda dapat menggunakan text-to-speech untuk membacanya.

Anda bisa memilih bahasa, kecepatan (speech rate), dan service. Bergantung pada pengaturan Anda, ini akan menjadi pilihan Google, pabrik ponsel Anda, dan aplikasi pihak ketiga mana pun yang telah Anda unduh.

Jalan pintas aksesibilitas (Accessibility shortcut). Gunakan ini untuk mengaktifkan fitur aksesibilitas dalam dua langkah: tekan terus tombol daya sampai Anda mendengar suara atau merasakan getaran, lalu sentuh dan tahan dengan dua jari sampai Anda mendengar konfirmasi audio.

Label suara (Voice Label). Fitur ini membantu Anda berinteraksi dengan objek di luar perangkat seluler Anda. Anda dapat menulis rekaman suara ke tag NFC untuk memberikan informasi tentang objek terdekat.

Ukuran huruf (Font size). Sesuaikan ukuran font dari ukuran default (kecil) menjadi kecil hingga besar hingga ekstra besar.

Font kontras tinggi (High contrast fonts). Ini hanya membuat teks lebih menonjol dengan latar belakang.

Tampilkan Bentuk tombol (Show button shapes). menambahkan latar belakang berbayang untuk membuat tombol menonjol yang lebih baik. Anda dapat melihat bagaimana tampilannya di slideshow aksesibilitas saya (link sebelumnya).

Jendela kaca pembesar (Magnifier window). Balikkan ini untuk memperbesar konten di layar: Anda dapat memilih persentase zoom dan ukuran jendela kaca pembesar.

Gerakan pembesaran (Magnification gestures). memungkinkan Anda memperbesar dan memperkecil tampilan dengan mengetuk tiga kali di atas layar dengan satu jari. Selagi diperbesar Anda bisa meluncur dengan menyeret dua atau lebih jari di layar.

Memperbesar dan memperkecil dengan menjepit dua atau lebih jari atau menyebarkannya. Anda juga dapat memperbesar sementara apa yang ada di bawah jari Anda dengan mengetuk dan menahan tiga kali, lalu Anda dapat menarik jari Anda untuk menjelajahi berbagai bagian layar.

Warna layar (Screen colors). Anda dapat mengubah tampilan Anda menjadi warna abu-abu, negatif, atau menggunakan penyesuaian warna. Pengaturan ini mengukur bagaimana Anda melihat warna dengan tes cepat, dan kemudian menentukan apakah Anda memerlukan penyesuaian. Jika Anda melakukannya, Anda dapat menggunakan kamera atau gambar Anda untuk melakukan penyesuaian.

#Pendengaran (Hearing)

Detektor suara (Sound detectors). Anda dapat mengaktifkan peringatan saat telepon mendengar bayi menangis atau bel pintu.

Untuk bel pintu, ada baiknya jika diletakkan dalam jarak 3 meter dan Anda bisa merekam bel pintu Anda sendiri sehingga perangkat Anda bisa mengenalinya. Untuk mendeteksi bayi menangis, yang terbaik adalah menjaga perangkat Anda dalam jarak 1 meter dari bayi Anda tanpa suara latar belakang.

Pemberitahuan (Notifications). Anda dapat mengatur telepon agar mengedipkan lampu kamera saat Anda menerima pemberitahuan atau saat alarm berbunyi.

Pengaturan suara lainnya (Other sound settings). Pilihan termasuk mematikan semua suara, meningkatkan kualitas suara untuk digunakan dengan alat bantu dengar. Anda juga dapat mengatur keseimbangan suara kiri dan kanan untuk headphone dan beralih ke mono audio saat menggunakan satu earphone.

Sub judul(Subtitles). Anda dapat mengaktifkan subtitel dari Google atau dari produsen ponsel Anda (untuk video, dll.) Dapat memilih bahasa dan gaya untuk masing-masing.

#Keluwesan dan Interaksi (Dexterity and Interaction)

Saklar universal (Universal switch). Dapat menggunakan switch yang dapat disesuaikan untuk berinteraksi dengan perangkat. Bisa menggunakan aksesoris eksternal, mengetuk layar, atau menggunakan kamera depan untuk mendeteksi putaran kepala Anda, pembukaan mulut dan kedipan mata Anda.

Asisten menu (Assistant menu). Mengaktifkan ini memberi Anda akses cepat ke setelan umum dan aplikasi terbaru. Asisten plus menunjukkan pilihan menu kontekstual untuk aplikasi terpilih di menu asisten.

Pengaturan interaksi lainnya (Other interaction settings) termasuk mengatur tangan yang dominan, menyusun ulang atau menghapus menu, dan mengatur ukuran touchpad, ukuran kursor, dan kecepatan kursor.

Layar yang mudah menyala (Easy screen turn on). Hidupkan layar dengan menggerakkan tangan Anda di atas sensor; Screenshot animasi menunjukkan bagaimana caranya.

Sentuh dan tahan penundaan (Touch and hold delay). Anda dapat mengatur penundaan seperti short (0.5 detik), medium (1.0 detik), panjang, (1,5 detik), atau custom.

Kontrol interaksi (Interaction control). Dengan ini, Anda dapat memblokir area layar dari interaksi sentuhan. Anda dapat menetapkan batas waktu jika Anda ingin mematikannya secara otomatis dan juga dapat mencegah pemblokiran tombol daya, tombol volume, dan keyboard.

#Pengaturan lainnya (More Settings)

Kunci arah (Direction lock) memungkinkan Anda membuka kunci layar dengan menggesek ke atas, bawah, kiri, atau kanan dalam serangkaian empat hingga delapan arah. Anda juga dapat mengaktifkan umpan balik getaran, umpan balik suara, menunjukkan arah (panah) dan membaca petunjuk yang ditarik dengan suara keras. Anda harus menyiapkan pin cadangan jika Anda lupa penyiapan Anda.

Akses langsung (Direct access) memungkinkan Anda menambahkan jalan pintas ke pengaturan dan fungsi. Anda dapat membuka pengaturan aksesibilitas dengan cepat menekan tombol home tiga kali.

Pengingat pemberitahuan (Notification reminder). Menyiapkan pengingat dengan getaran atau suara bila Anda memiliki notifikasi yang belum dibaca. Anda dapat mengatur interval pengingat dan dapat memilih apl mana yang harus mendapatkan pengingat.

Menjawab dan mengakhiri panggilan (Answering and ending calls). Di sini, Anda dapat memilih untuk menjawab panggilan dengan menekan tombol rumah, mengakhiri panggilan dengan menekan tombol daya (cintai ini!) Atau gunakan perintah suara untuk menjawab dan menolak panggilan.

Mode ketuk (Single tap mode). satu Mudah menolak atau menunda alarm, kalender dan pemberitahuan waktu, dan menjawab atau menolak panggilan dengan sekali tekan.

Mengelola aksesibilitas (Manage accessibility). Mengimpor dan mengekspor pengaturan aksesibilitas atau membaginya dengan perangkat lain.

Nah itulah menu-menu ataupun tools Aksesibilitas yang terdapat pada Samsung Galaxy S6. Menggunakan Aksesibilitas tentunya akan membantu anda untuk kegiatan sehari-hari.

sumber : lifeware.com / gambar

Ktekno / Menggunakan Fitur Aksesibilitas Android Untuk Mempermudah Aktivitas Anda

Pengunjung juga mencari :

  • apa kagunaaan subtitle di hp vivo v7
  • aksesibilitas oppo f5
  • aksesibilitas xiaomi
  • cara mencari pintasan aksesbilitas di xiaomi seperti iphonr
  • cara hidupkan aksibilitas di oppo a83
  • kontrol android tanpa sentuh
  • https://www ktekno com/tips-trik-smartphone/menggunakan-fitur-aksesibilitas-android/
  • Cara agar aksebilitas on terus di oppo f5
  • Cara jalan pintas pengaturan oppo a83
  • Samsung aksebilitas hearing
  • guna subtitle d f7 akesbilitas
  • cara menghentikan aksesibilitas universal s7 edge
  • aksebilitas layanan redmi note 2
  • fitur subtitle di vivo
  • pengaruh aksesibilitas hidup pada oppo a83
  • bagaimana cara memunculkan fitur akses cepat pada layar oppo a83
  • arti kontrol interaksi di hp samsung
  • Apakah hp a83 suadh bisa membuka layar hanya dengan menggerakkan tangan di atas layar
  • aksesibilitas oppo
  • trik mempermudah aktifitas di smartphone

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *