Review OnePlus 5 Terbaru dan Terlengkap Juni 2017

Review OnePlus 5 Terbaru dan Terlengkap Juni 2017 – Setelah beberapa waktu lalu kita membahas Spesifikasi dan Harga OnePlus 5, Pada kesempatan kali ini ktekno review OnePlus 5. Smartphone ini merupakan Ponsel Premium yang memiliki dapur pacu yang mumpuni, lihat saja pada Spesifikasi OnePlus 5 yang membawa Chipset Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 serta beberapa teknologi canggih lainnya.

Walaupun Smartphone premium, harga OnePlus 5 indonesia kurang lebih 6,3 juta sampai 7,1 jutaan. Harga tersebut jauh lebih murah dibanding dengan para pesaing seperti Samsung Galaxy S8, Google Pixel XL maupun iPhone 7.

Sebelum memilih Smartphone ini, tentunya sobat ktekno harus memiliki pertimbangan yang baik. Karena itu, pada kesempatan kali ini Ktekno akan membahas dan mereview OnePlus 5 ini. Berikut Review OnePlus 5 Terlengkap 2017 :

JARINGAN

OnePlus 5 merupakan perangkat dual SIM yang memiliki kemampuan jaringan yang baik. Penggunaan dua SIM nano akan membuat user bebas memilih kartu yang akan ia gunakan. OnePlus 5 mendukung 34 layanan jaringan 2G / 3G / 4G dan LTE Cat 12 yang artinya Smatphone ini mampu menembus kecepatan download hingga 600 Mbps dan 150 Mbps Upload.

Review OnePlus 5

Namun kecepatan tersebut tidak dapat dipatenkan bahwa ketika anda membeli akan memperoleh kecepatan tersebut, karena kecepatan jaringan juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Adapun salah satu faktor tersebut ialah kecepatan layanan jaringan yang digunakan.

DESAIN

Salah satu pertimbangan dalam membeli smartphone adalah desain. Tidak dipungkiri lagi, bahwa desain menjadi salah satu alasan orang untuk membeli sebuah smartphone.

BODI TIPIS

OnePlus 5 memiliki dimensi bodi 154,2 x 74,1 x 7,25mm. Ya walaupun tidak setipis Iphone 7 ataupun Smasung Galaxy S8. Selain itu Smartphone premium murah ini hanya memiliki berat 153g saja. Adapun bahan bodi yang digunakan OnePlus 5 adalah full metal.

LAYAR AMOLED 5.5 INCH

Pada generasi sebelumnya, OnePlus selalu menggunakan layar LCD IPS dengan display FullHD. Namun pada seri OnePlus 5 sudah menggunakan layar dengan jenis AMOLED. Namun sangat disayangkan, OnePlus 5 hanya menggunakan display FullHD 5,5 inci. Dan layar OnePlus 5 sudah menggunakan pelindung layar Corning Gorilla Glass 5, yang membuat layar smartphone menjadi lebih kuat akan terkena goresan ataupun saat tidak sengaja terjatuh.

Review OnePlus 5

Tentunya akan lebih menarik bila menggunakan Resolusi QHD. Tentunya dengan resolusi FullHD tidak akan mudah diterima oleh sebagian pecinta gadget. Mengingat ini merupakan tahun 2017, semua teknologi sudah semakin maju serta berkembang. Namun karena harga OnePlus 5 relatif murah, dirasa permasalahan pada layar patut dimaklumi.

Ulasan Layar OnePlus 5

Jika dilihat dari angka kecerahan maksimum, OnePlus 5 dapat dikatakan sangat baik menggunakan panel yang sama persis dengan pendahulunya, ya meskipun One Plus 3T sedikit lebih terang. Dalam mode manual, OnePlus 5 dapat mengimbangi kecerahan Samsung Galaxy S8.

Namun Galaxy S8 dapat memompa secara substansial lebih banyak nits dalam auto, sementara OnePlus 5 tidak memiliki hal demikian.Dengan AMOLED display, kecerahan minimum adalah 2 nits. Dengan begitu akan sangat nyaman digunakan pada malam hari.

Sedangkan pada siang hari dibawah sinar matahari, kontras pada Oneplus 5 mengalami penurunan yang sangat kecil. Hasil tersebut lebih rendah dibanding dengan OnePlus 3 dan OnePlus 3T. Dalam hal ini, Samsung Galaxy A7 (2017) dan Galaxy S8 lebih baik dibanding dengan OnePlus 5. Namun secara garis besar, OnePlus 5 masih sangat baik dibanding IPhone 7 Plus maupun LG G6.

OnePlus 5 memiliki tiga mode pengaturan warna untuk displaynya, ditambah pengaturan khusus dengan slider yang dingin hingga hangat (dalam hal ini kontras warna). Modus default tidak terlalu akurat – karena warna putih condong ke arah biru keunguan, dan 100% merah mati. Rata-rata DeltaE dalam mode ini adalah 6.

DeltaE rata-rata dalam mode sRGB adalah 1,4 dan putih memiliki DeltaE sekitar 1 yang biasanya tidak terlihat. Ruang warna DCI-P3 yang lebih lebar juga diberikan dengan sangat akurat (dalam mode DCI-P3) – rata-rata DeltaE adalah 1,4, lagi. Tidak ada perubahan signifikan dalam kecerahan maksimum, jadi akurasi warna tidak sampai mengorbankan nits yang berharga.

Ada trik lain di menu Setting Display pada OnePlus 5. Ada mode Night yang mengatur suhu warna tampilan agar sesuai dengan cahaya sekitar dan mengurangi ketegangan mata. Hal ini dapat diaktifkan secara manual, diatur untuk digunakan antara matahari terbenam dan matahari terbit, atau dijadwalkan antara jam tertentu. Kekuatan efeknya bisa juga di-tweak.

Mode membaca mengubah layar AMOLED yang berwarna menjadi tampilan grayscale sehingga tampak seperti tinta e-ink untuk pengalaman yang lebih baik saat membaca teks panjang. Ini dapat dilakukan secara manual atau digunakan aplikasi tertentu dijalankan.

DAPUR PACU

OnePlus 5 didukung oleh OS terbaru Android 7.1.1 (Nougat), dengan dukungan OS terbaru tentu akan membuat kinerja OnePlus 5 semakin baik. Begitu juga dengan user interface nya. OnePlus 5 telah didukung oleh chipset Snapdragon 835, dalam hal ini terdapat 2 pilihan yaitu OnePlus 5 dengan RAM 6GB dan penyimpanan 64GB, dan yang lainnya memiliki 8GB / 128GB yang lebih tinggi. Untuk meningkatkan efisiensi daya, OnePlus telah memasang RAM LPDDR4X. Serta jenis penyimpanan UFS 2.1.

Ulasan CPU OnePlus 5

Berikut hasil test Cpu OnePlus 5 yang dikutip dari GsmArena, tes yang pertama menggunakan GeekBench 4.1 (single core). Pada hasil tes tersebut terlihat bahwa OnePlus 5 menempati urutan kedua setelah Samsung Galaxy S8 Exynos, hasil yang diperoleh OnePlus 5 memang tidak berbeda jauh dengan Xiaomi Mi 6.

Review OnePlus 5

Dalam tes GeekBench 4.1 (multi core), Varian Exynos dari Galaxy S8 masih berada diatas OnePlus 5, namun tetap berada di posisi kedua di belakang Mi 6. Dalam hal penggunaan Chipset Snapdragon 835, score yang paling rendah adalah Sony Xperia XZ Premium.

Review OnePlus 5

Selanjutnya kita beralih ke Basemark OS II 2.0 untuk representasi numerik komparatif dari keseluruhan kinerja OnePlus 5. Pada hasil tes kali ini, OnePlus 5 menempati urutan kedua setelah Iphone 7 Plus. Dan hasil tersebut sekaligus mengungguli Samsung Galaxy S8 Exynos ataupun Galaxy S8 biasa.

Review OnePlus 5

Lain pula halnya dengan hasil tes menggunakan Antutu 6, OnePlus 5 berhasil mengungguli Iphone 7 Plus maupun Samsung Galaxy S8.

Ulasan GPU OnePlus 5

Pada kesempatan berikut, Ktekno akan menampilkan hasil pengujian grafis GPU Adreno 540 OnePlus 5. Pada hasil pengujian GFXBench 3.0 layar sentuh 1080p, tentunya sangat mengejutkan. Karena hasil skor yang diperoleh OnePlus 5 sama dengan Iphone 7 Plus.

Pada hasil tes Basemark ES 3.1 dengan tolok ukur OpenGL 3.1. Hasil ini sangat disayangkan untuk OnePlus 5, karena posisinya berada bagian bawah untuk penggunaan Snapdragon 835 / Adreno 540.

Namun demikian, OnePlus 5 dapat dikatakan smartphone yang baik. Karena hampir semua pada hasil tes yang dilakukan, OnePlus 5 menempati setiap hasil tesnya.

Ulasan Memori OnePlus 5

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, OnePlus 5 dibekali dengan RAM 6/8 GB dengan jenis LPDDR4X. Keunggulan dari jenis RAM LPDDR4X adalah dapat meningkatkan efisiensi daya yang digunakan, memiliki data transfer yang lebih cepat, dan lain sebagainya. Berikut mengenai RAM LPDDR4X.

KAMERA

Seperti yang kita ketahui pada Spesifikasi OnePlus  5 sebelumnya, Smartphone ini dibekali dengan Dual kamera 16 Megapixel dan 20 Megapixel serta dilengkapi berbagai teknologi canggih lainnya. Sensor utama adalah Sony IMX398 yang digunakan pada smartphone Oppo R9s dan F3 Plus – tipe-1 / 2.8 “dengan ukuran piksel 1.12μm dan autofocus piksel ganda. Tele satu bergantung pada Sony IMX350 – juga Type-1 / 2.8” , Tapi dengan piksel 1,0μm. OnePlus mengutip apertures sebagai f / 1.7 untuk cam utama dan f / 2.6 untuk tele satu.

Data EXIF ​​melaporkan panjang fokus sebenarnya dari kamera di 4.1mm dan 35mm-equiv. Panjang fokus 24mm dan 36mm masing-masing. Di satu sisi itu adalah zoom 1,5x ‘dan bukan 2x, dan di sisi lain Anda tidak dapat benar-benar memiliki panjang fokus setara, panjang fokal dan ukuran sensor sebenarnya sama.

Ulasan Kualitas Gambar OnePlus 5

Foto-foto yang diambil dengan kamera utama OnePlus 5 kaya akan detail yang bagus – menggunakan 16MP-nya sepenuhnya. Noise dapat terlihat bahkan di dasar ISO, meskipun sebagian besar dari jenis pencahayaan kurang memuaskan. Dynamic Range tidak pada kelas yang lebar, tapi tetap bagus, terutama mengingat pixel dan ukuran sensor secara keseluruhan. Penampakan warna juga terlihat seimbang.

Sayangnya, tidak semua ini berlaku untuk kamera tele. Detail jauh dari apa yang diharapkan dari sensor 20MP. Tes dilakukan mulai dari 4MP hingga 20MP, dan meski tidak sesuai dengan detail kamera tele, bedanya bukan siang dan malam. Selain itu, tembakan kamera tele bahkan lebih banyak noise dibanding cam biasa.

Hal ini dapat dijelaskan dengan ukuran piksel yang lebih kecil, dan fakta bahwa ia disetel secara berbeda dan menghasilkan warna yang jauh lebih jenuh (saturated).
Gambar

  • HDR

Modus HDR pada OnePlus 5 menghasilkan foto baik dan pixel terlihat halus. Dan anda akan melihat perbedaan yang paling besar pada daerah bayangan, meski memang kecil sekali. Hal tersebut harus mengorbankan ketajamannya – hal tersebut dapat dilihat ketika anda memeriksa pada tingkat piksel.

Review OnePlus 5
  • Panorama

Mode Panorama pada OnePlus 5hanya dapat digunakan secara potret (kiri ke kanan). Gambar yang dihasilkan pada mode ini dapat dikatakan kurang memuaskan. Karena pada titik setiap persambungan akan terlihat bergerigi atau bergelombang.

Review OnePlus 5
  • Mode Potrait

Selain menawarkan rentang zoom 2x yang lebih efektif, memungkinkan mode Portrait yang disebut merupakan kematian DSLR. Dengan menggunakan informasi dari dua sensor tersebut, sebuah algoritma dapat mengisolasi latar belakang dan blur terpusat. Anda akan melihat latar belakang dapat menjadi lebih blur.

  • Selfie

Selfies dengan cam selfie sebenarnya adalah hal yang berbeda – jelas itu lebih mudah untuk dibingkai dengan melihat layar dan sebagainya. Tembakannya ternyata bagus, dengan banyak detail dan warna kulit manusia yang hidup. Diantara semua mode, mode potrait lah yang tidak terdapat pada kamera selfie.

KONEKTIVITAS

Pada sisi konektivitas, OnePlus 5 sudah dilengkapi dengan teknologi terkini, diantaranya Wi-Fi b / g / n di atas 2.4GHz dan a / n / ac lebih dari 5GHz didukung. Selain itu terdapat juga versi Bluetooth terbaru, yaitu Bluetooth versi 5 dengan rentang dan kecepatan yang lebih baik ditambah aptX dan aptX HD untuk sobat yang menyukai audio nirkabel berkualitas tinggi.

Selain itu, OnePlus 5 juga sudah didukung fitur NFC. Positioning dilakukan dengan satelit GPS, GLONASS dan BeiDou. Serta koneksi pengisian dan kabel menggunakan antarmuka USB-C, namun di OnePlus 5 juga hadir USB 2.0. Soket 3.5mm. Oh iya, OnePlus 5 juga sudah mendung fitur fingerprint sensor. Jadi sobat tidak perlu khawatir akan handphone di  bajak.

BATERAI

OnePlus 5 dilengkapi dengan baterai 3.300 mAh, tentunya kapastitas baterai menurun dari versi sebelumnya yaitu 3.400mAh (OnePlus 3T).  Hal tersebut memungkinkan karena smartphone ini lebih tipis. Selain itu, kapasitas yang lebih kecil bukan berarti daya tahan menjadi rendah. Karena sudah menggunakan chipset yang lebih baru dan lebih efisien jadi kami rasa baterai akan tetap awet.

Review OnePlus 5

Hasil tes baterai yang dihasilkan cukup mengesankan, terutama pada proses pemutaran video yang dapat bertahan hingga 18:42h. Sedang waktu browsing yang dihasilkan dapat mencapai 10:54h. Serta untuk 3G talk time menghasilkan waktu 19:25h. Setelah dalam keadaan baterai habis, anda dapat mengisi daya dalam waktu 30 untuk menghasilkan 56% dari daya (telepon hidup). Dan yang lebih penting, anda akan menghasilkan kecepatan tersebut bila menggunakan kabel bawaan dari OnePlus 5.

SPESIFIKASI ONEPLUS 5

Berikut harga dan spesifikasi lengkap dari OnePlus 5 :

SPESIFIKASI ONEPLUS 5

HARGA 6,3 Jutaan & 7,1 Jutaan
JARINGAN Teknologi : GSM / CDMA / HSPA / LTE

2G bands : GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2

3G bands : HSDPA 850 / 900 / 1700(AWS) / 1900 / 2100

4G bands : LTE band 1(2100), 2(1900), 3(1800), 4(1700/2100), 5(850), 7(2600), 8(900), 12(700), 17(700), 18(800), 19(800), 20(800), 25(1900), 26(850), 28(700), 29(700), 30(2300), 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500), 66(1700/2100)

BODIDimensi : 154.2 x 74.1 x 7.3 mm (6.07 x 2.92 x 0.29 in)

Berat : 153 g (5.40 oz)

SIM : Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

LAYARTipe : Optic AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors

Ukuran : 5.5 inches (~73.0% screen-to-body ratio)

Resolusi : 1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density)

Multitouch : Ya

Keamanan : Corning Gorilla Glass 5

– Oxygen OS

FITUROS : Android 7.1.1 (Nougat)

Chipset : Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835

CPU : Octa-core (4×2.45 GHz Kryo & 4×1.9 GHz Kryo)

GPU : Adreno 540

MEMORIExternal : –

Internal : 64 GB, 6 GB RAM atau 128 GB, 8 GB RAM

KAMERABelakang : Dual 16 MP, f/1.7, EIS (gyro) + 20 MP, f/2.6, phase detection autofocus, 2x optical zoom, dual-LED flash

Fitur : 1/2.8″ sensor size, 1.12 µm @ 16MP & 1/2.8″ sensor size, 1.0 µm @ 20MP, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama

Video : [email protected], [email protected]/60fps, [email protected]/120fps

Depan : 16 MP, f/2.0, EIS (gyro), 1.0 µm pixel size, 1080p, Auto HDR

SOUNDAlert types : Vibration; MP3, WAV ringtones

Loudspeaker : Ya

– 3.5mm jack : Ya

– Active noise cancellation with dedicated mic
– Dirac HD sound

KONEKSIWLAN : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot

Bluetooth : v5.0, A2DP, LE, aptX HD

GPS : Ya, with A-GPS, GLONASS, BDS

Radio : FM

USB : 2.0, Type-C 1.0 reversible connector

FITUR LAINSensor : Fingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass

Pesan : SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM

Browser : HTML5

Java : Tidak

– Fast battery charging (Dash Charge)
– DivX/Xvid/MP4/H.265 player
– MP3/eAAC+/WMA/WAV/FLAC player
– Document viewer
– Photo/video editor

BATERAINon-removable Li-Ion 3300 mAh battery
WARNAMidnight Black, Slate Gray
Review OnePlus 5 by ktekno

KESIMPULAN

Berikut kesimpulan hasil Review OnePlus 5 : OnePlus 5 sama sekali bukan telepon yang memiliki anggaran yang sedikit, tapi harganya tetap bagus untuk keuangan sobat. Dengan budget yang lebih rendah, anda akan memperoleh smartphone dengan Dual kamera. Meskipun masih terdapat kekurangan pada penggunaan Dual kamera tersebut, namun di lain sisi hasil mode potrait sangat memuaskan. Dan untuk kamera utama tetap bisa diandalkan untuk memotret dengan baik dalam berbagai skenario.

Daya tahan baterai adalah peningkatan yang signifikan dari model lama dalam pengujian layar yang jauh lebih penting, sementara hasil yang kurang menarik dalam panggilan suara dan daya tahan siaga. Hal tersebut merupakan konsekuensi dari desain chipset.

Layar AMOLED tidak masalah, tapi tidak sempurna. Kenapa demikian ?. karena masih menggunakan resolusi FullHD, dan kecerahan maksimum dibatasi 430 nits, sementara AMOLED lainnya dapat menghasilkan lebih tinggi jika terdapat pada cahaya matahari yang berlebih.

OxygenOS memiliki stok Android vibe yang banyak akan diapresiasi, sekaligus menawarkan banyak cara untuk membuat ponsel sobat sendiri. Processor kelas atas akan menghasilkan kualitas Kinerja yang lebih baik. Namun hal tersebut hanya dapat diserahkan kepada Snapdragon 835. Dan penggunaan RAM 8GB sudah hampir tidak masuk akal.

source : GsmArena

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *