Hal yang Mestinya Perlu Kamu Tahu Tentang 4G LTE

Apa itu 4G LTE ?

Sebagian dari kita mungkin ada yang belum tahu apa itu LTE ?, 4G LTE / LTE adalah sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi yang berbasis pada jaringan GSM/EDGE serta UMTS/HSPA. LTE merupakan kependekan dari Long Term Evolution.

4G LTE merupakan jaringan nirkabel sebagai penerus 3G, sekaligus jaringan nirkabel tercepat saat ini. Dengan asertaya jaringan 4G LTE, tidak heran jika para produsen perangkat mobile mengeluarkan smartphone yang dapat mendukung jaringan tersebut. LTE pertama kali diadopsi oleh operator seluler TeliaSonera di Stockholm serta Oslo pada 14 Desember 2009.

Kapan 4G LTE hadir di indonesia ?

LTE hadir di indonesia pada akhir tahun 2015, saat ini setiap operator seluler di Indonesia sudah menggunakan band frekuensi LTE yang berbeda, yaitu mulai dari B5 FDD LTE 850 Mhz, B8 FDD LTE 900MHz, B3 FDD LTE 1.800MHz, serta B40 TDD LTE 2.300MHz. Jadi saat sobat membeli perangkat seluler, pastikan mendukung spesifikasi frekuensi tersebut. Jika tidak mendukung frekuensi band 4G LTE tersebut, sudah pasti smartphone sobat tidak dapat digunakan menggunakan jaringan LTE.

Nah, berikut daftar band frekuensi 4G LTE seluler indonesia :

  • Telkomsel: B8 FDD LTE frekuensi 900 MHz / B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz
  • Indosat Ooredoo: B8 FDD LTE frekuensi 900 MHz / B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz
  • XL Axiata: B8 FDD LTE frekuensi 900 MHz / B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz
  • Tri Indonesia: B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz
  • Smartfren: B5 FDD LTE frekuensi 850 Mhz / B40 TDD LTE frekuensi 2.300 MHz
  • Bolt: B40 TDD LTE frekuensi 2.300 MHz

Jenis teknologi LTE yang digunakan operator seluler Indonesia saat ini adalah FDD LTE (Frequency Division Duplex), TDD LTE (Time Division Duplex), serta LTE Advanced.

*untuk lebih jelasnya, silahkan sobat hubungi pihak seluler.

Kecepatan 4G LTE

Seperti yang kita ketahui, bahwa 4G LTE mempunyai kecepatan diatas 3G. Kecepatan maksimum LTE dapat mencapai 299.6Mbps untuk mengunduh serta 75.4Mbps untuk mengunggah. Namun, operator seluler yang telah menyediakan jaringan ini, masih membatasi kapasitas serta kecepatan untuk pelanggannya. Pemerintahan di suatu negara juga punya cara yang berbeda mengatur pengalokasian rentang pita frekuensi.

Alasan setiap negara mempunyai kecepatan 4G LTE yang berbeda ?

Pada dasarnya jaringan 4G LTE berjalan pada frekuensi yang sama, lalu mengapa disetiap negara kok bisa berbeda kecepatannya ?. Karena penyelenggara jaringan LTE disetiap negara dapat berbeda, hal tersebut terjadi karena ketersediaan frekuensi yang diatur oleh pemerintah serta operator seluler yang mendapatkan lisensi LTE. Misalnya saja di indonesia, Penyelenggara jaringan LTE tidak dapat menggunakan frekuensi 700Mhz dan 2600Mhz. Sebab frekuensi 700Mhz sudah digunakan sebagai siaran TV analog dan frekuensi 2600Mhz digunakan sebagai siaran TV berbayar (berlangganan).

Alasan mengapa smartphone LTE belum tentu dapat digunakan secara global ?

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, alasan utama mengapa smartphone tidak mendukung jaringan 4G LTE walaupun sudah dibekali chip LTE adalah karena frekuensi yang digunakan tidak mendukung pada suatu negara atau daerah tersebut. Jadi bila sobat nantinya ingin membeli smartphone di luar negeri, pastikan untuk menyesuaikan dengan frekuensi yang jaringan LTE yang ada di indonesia. Namun, seiring dengan banyaknya operator seluler yang menyediakan jaringan 4G LTE, maka kemungkinan para produsen smartphone serta tablet akan membekali chip radio universal untuk produknya agar mendukung jaringan LTE di seluruh frekuensi.

source : tekno.kompas.com

Ktekno / informasi hp / LTE Indonesia

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *